Connect with us

Minahasa

ROR-RD Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Secara Daring

Dimuat

pada

Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) dan Robby Dondokambey (RD) saat mengikuti Rakornas Pengendalian Inflasi tahun 2021 secara daring

MINAHASA – Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) dan Wakil BupatiRobby Dondokambey (RD) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 secara daring yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, Rabu (25/8/2021) siang.

Presiden menekankan sejumlah hal penting kepada Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) termasuk para kepala dan wakil kepala daerah yang mengikuti Rakornas, agar menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga terutama bahan pokok apalagi di tengah kondisi daya beli masyarakat turun.

“Harga bahan pangan sangat penting kalau ada hambatan, segera selesaikan dan harus banyak kerja di lapangan serta mencari tahu kendala yang ada baik produksi maupun distribusi,” kata Joko Widodo.

Selain itu, TPIP dan TPID diminta tidak hanya fokus mengendalikan inflasi saja, tapi proaktif mendorong sektor ekonomi yang tumbuh produktif dengan memantu produktifitas petani dan nelayan.

“Hal tersebut bisa perkuat sektor UMKM agar bertahan dan naik kelas. Saya juga menginstruksikan kepasa TPIP dan TPID, agar dapat memanfaatkan pandemi untuk meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian sebagai sektor unggulan yang melibatkan banyak tenaga kerja,”kata Presiden

Dia juga menyatakan, kita wajib bersyukur karena di masa pandemi ini perekonomian negara semakin membaik tapi tetap harus menjaga kewaspadaan. Di kuartal kedua Tahun 2021 mampu tumbuh 7,07 persen year on year dan inflasi terkendali di angka 1,52 persen year on year.

“Di kuartal ketiga tahun ini kita harus tetap waspada dan hati-hati mengatur keseimbangan kesehatan dan ekonomi, sekaligus menghentikan penyebaran Covid-19 tetap harus dikerjakan serta dapat dikendalikan,”ungkapnya. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?