Connect with us

Bitung

Rumahnya Dibakar, HYA Doakan Pelaku Cepat Sadar dan Bertobat

Dimuat

pada

Situasi rumah saat kebakaran

BITUNG—Pembakaran rumah milik Anggota DPRD Kota Bitung, Habriyanto Acmad yang berada di Kelurahan Girian Weru Dua, Kecamatan Girian pada Jumat (26/03/2021) lalu berujung pada proses hukum.

Pasalnya, tak lama dari kejadian pembakaran itu, Polres Bitung langsung menahan dan menentapkan tersangka kepada HA (40) alias Handri yang tidak lain adalah kaka kandung dari Habriyanto. 

Kasat Reskrim Polres Bitung, AKP Frelly Sumampouw kepada sejumlah awak media membenarkan jika pihaknya sudah menetapkan tersangka dalam kasus tersebut. 

“Hasil dari pemeriksaan kebakaran itu, kami menetapkan satu tersangka yakni HA alias Handry (40) yang tak lain salah satu anggota keluarga korban,” ungkapnya. 

Menurut Frelly, motif dari pembakaran karena pelaku merasa tidak puas serta sakit hati kepada Arnold Achmad (Ayah, ref) atas status kepemilikan rumah.

“Rasa sakit hati itu yang kemudian HA nekat menyiramkan bensin berulang kali di kamar lantai dua lalu membakarnya,” beber Frelly.

“Pelaku dikenakan pasal 187 ayat (1) KUHP dengan menyebutkan barang siapa dengan sengaja menimbulkan ledakan, kebakaran atau banjir diancam pidana penjara paling lama 12 tahun bila perbuatan tersebut menimbulkan bahaya bagi umum dan bagi barang,” tambahnya.

Sementara itu HYA sapaan akrab Habriyanto saat ditemui sejumlah wartawan mengatakan pihaknya menyerahkan kasus itu sepenuhnya pada pihak aparat penegak hukum. 

“Sebagai warga negara yang baik, saya selaku korban dan pemilik rumah menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian serta berharap pelaku di hukum sesuai dengan Undang-undang yang berlaku,” pungkasnya.

“Semoga dari kejadian ini ada hikmahnya bagi saya dan keluarga. Sebagai adik dari pelaku saya hanya bisa mendokan bisa mengambil pelajaran dari kasus ini. Dan semoga mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Untuk bisa sadar dan bertobat,” tambahnya. 

(Jamal Gani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?