Connect with us

Minahasa

Sambut Idul Adha, ROR-RD Serahkan Kurban Sapi Kepada 34 Mesjid di Minahasa

Dimuat

pada

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD) saat menyerahkan kurban sapi di halaman kantor Buparti.

MINAHASA – Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD) serahkan 34 ekor sapi kurban untuk 34 mesjid di Minahasa secara simbolis dalam rangka hari raya Idul Adha 1442 H di halaman Kantor Bupati Tondano, Senin (19/7/2021) siang.

Bupati ROR dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah dan segenap lapisan masyarakat Minahasa, serta secara pribadi keluarga Roring-Lumanauw bersama Wakil Bupati Minahasa bapak Robby Dondokambey beserta keluarga Dondokambey-Lengkong, menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun 2021 kepada semua umat muslim di daerah ini, meski peringatan perayaan Idul Adha dua tahun belakangan ini sangatlah berbeda dikarenakan pandemi Covid 19 sehingga seluruh kegiatan yang dilakukan dibatasi.

Penyerahan hewan kurban biasanya dilakukan di masing-masing masjid, namun karena situasi Covid 19 yang makin meningkat sehingga tidak memungkinkan dilakukan di tempat ibadah. Untuk itu, dilaksanakanlah di halaman kantor Bupati dengan menerapkan Protokol Kesehatan. Dimana penyerahan qurban saat ini, merupakan wujud dari rasa solidaritas dan kewajiban Pemkab Minahasa antar sesama umat khususnya kepada mereka yang muslim, serta rasa kesetiakawanan nasional pada umumnya,”kata Bupati.

Banyak hikmah yang bisa di petik dari perayaan Idul Adha seperti ini. Disamping untuk memupuk rasa kepedulian terhadap sesama umat, juga telah ikut membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu pada hari raya Idul Adha lewat pemberan rizki kita berupa daging hewan yang di qurbankan untuk dinikmati.

“Idul Adha ini bermakna keteladanan ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan. Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama karena menunjukkan ketakwaan, keikhlasan dan kepasrahan seorang ibrahim pada titah sang pencipta,”ungapnya.

Ditambahkan ROR, bahwa akan lebih indah pula bila nilai yang terkandung dalam peristiwa qurban itu, dapat di lestarikan dan diterapkan pada diri kita, keluarga dan dalam membangun masyarakat di kabupaten Minahasa.

“Setidaknya segenap pelaku pembangunan di Minahasa masih dituntut untuk mengorbankan egoisme dan ego-centrisme pribadi maupun kelompok, dengan hidup patuh yang salah satunya tercermin dalam kepatuhan kita kepada norma-norma, hukum dan peraturan-perundangan yang berlaku,”tandasnya.

Perlu diketahui penyerahan kurban sapi ini diberikan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 12 ekor sapi, Pemkab Minahasa 14 ekor sapi dan 10 oleh bank Sulut-Go, Bank BNI dan Bank BRI.

Turut hadir dalam penyerahan kurban sapi di halaman kantor Bupati masing-masing Ketua DPRD Glady Kandouw, SE Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa,SIK, Dandim 1302 Letkol Inf Herberd. A.A Sinaga SIP, Kejari Rakhmat Budiman Taufani, SH, MKn, dan Sekda Frits Muntu,S.Sos. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?