Connect with us

Bitung

Satlantas Polres Bitung Berhasil Ungkap Dua Babuk Curanmor Dalam Operasi Zebra

Dimuat

pada

Dua babuk curanmor yang diamankan Satlantas Polres Bitung dalam operasi zebra

BITUNG–Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bitung berhasil mengungkap dan mengamankan dua barang bukti (babuk) kendaraan bermotor curian (Curanmor) dalam operasi zebra beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Bitung, AKP Awaludin Puhi SIK pada saat press release pemusanahan knalpot bising dan minuman keras (Miras), Rabu (08/12/2021).

“Dari hasil operasi zebra beberapa waku lalu. Kita berhasil mengamankan dua babuk curanmor dan sudah kita serahkan ke pihak Polsek Matuari,” beber Kasat.

Kasat menjelaskan, awalnya dua motor tersebut terjaring dalam operasi zebra karena kedapatan melakukan pelanggaran. Dua motor itu kata Kasat, dalam kondisi yang tidak memenuhi standar kelayakan kendaraan.

“Dua kendaraan ini yakni jenis Revo dan Beat Pop. Untuk motor Revo berwarna hitam tidak menggunakan plat nomor polisi muka belakang, tidak memakai kaca spion dan knalpot bising. Sedangkan motor Beat Pop berawarna hitam putih tidak memakai plat nomor polisi dibagian belakang. Kedua motor ini saat ditilang tidak bisa menunjukan BPKB dan STNK,” ujar Kasat.

Kasat menerangkan, saat kedua pengendara motor tersebut tidak bisa menunjukan kelangkapan surat. Kedua motor tersebut kata dia, kemudian langsung ditahan dan diamankan di Polres Bitung.

“Namun, beberapa waktu kemudian  pengendara motor tersebut datang untuk mengurus agar kendaraan tersebut bisa dikeluarkan. Tapi disaat kita meminta surat-surat kelengkapan yang asli dari kedua motor ini ternyata mereka tidak bisa menunjukan. Karena kami sampaikan kalau tidak bisa menunjukan TNKB atau STNK maupun BPKB motor tidak bisa kita keluarkan. Ternyata setelah kita cek pada sistem surat dan plat nomor itu tidak sama. Nah, dari situ kita mencurigai jika kedua motor ini bermasalah,” terang Kasat.

Lanjut Kasat, setelah berkoordinasi dengan sejumlah pihak ternyata terungkap, jika kedua motor tersebut adalah motor curian yang sedang didalami pihak Polsek Matuari.

“Ternyata terungkap motor ini adalah barang bukti curanmor. Alhasil, kedua motor tersebut kita serahkan ke Polsek Matuari,” terangnya.

Menurut Kasat, pengungkapan dua babuk curanmor itu salah satu manfaat dari kegiatan operasi patuh atau pun operasi zebra yang selama ini dilakukan. Mengingat saat ini kata Kasat sering terjadi kasus curanmor.

“Ini salah satu manfaat dalam operasi kita. Makanya kedepan operasi yang kita lakukan akan diperketat. Perlu diketahui juga operasi patuh masih akan berlanjut pada 10 Desember 2021. Untuk itu diimbau kepada masyarakat pengendara agar selalu memperhatikan kelengkapan-kelengkapan dan surat-surat kendaraan bermotor. Kita juga mengimbau pengedara harus tetap disiplin berlalu lintas,” pungkasnya.

(JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?