Connect with us

Bitung

Serapan APBD 2021 Masih Rendah, Geraldi Mantiri Sorot Kinerja Pemkot Bitung

Dimuat

pada

Geraldi Mantiri

BITUNG—Memasuki bulan keenam atau Juli 2021 serapan anggaran pemerintah Kota Bitung masih sangat rendah.

Hal ini pun mendapat sorotan dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Bitung, Geraldi Mantiri, Jumat (18/06/2021).

Geraldi yang dikenal vokal di Gedung Kerucut ini bahkan mempertanyakan capaian yang masih sangat minim. Dimana kata dia, serapan anggaran belanja Pemkot Bitung per tanggal 15 Juni 2021 baru mencapai 29.87% dari total pagu anggaran sebesar Rp853.402.276.706.

Menurut Geraldi, jika dinominalkan presentasi serapan anggaran yang baru dikisaran 29.87 %.  Berarti kata dia, hanya sebesar Rp254.902.397.717.

“Nah,nilai ini menurut saya masih sangat “jongkok” alias minim serapan anggaran belanja pemkot Bitung sampai saat ini. Padahal sedikit lagi sudah masuk bulan keenam,” sorotnya.

Geraldi juga tegas mempertanyakan, apa sebenarnya kendala yang dialami pemkot Bitung sehingga serapan anggaran masih sangat sedikit. Bahkan kata dia, sangat jauh dari targetkan yang diharapkan.

“Jika memang ada kendala. Harusnya bisa dipecahkan secara bersama-sama untuk mencari solusinya. Masalah ini tidak boleh dianggap remeh. Perlu diseriusi karena tinggal beberapa hari lagi kita sudah masuk dalam penyusunan APBD Perubahan,” tegasnya.

Lanjutnya, mendesak ke Pemkot Bitung agar semua program yang ditata untuk menyerap anggaran secepatnya direalisasikan. Karena jika tidak, dirinya tak akan segan menyurati Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar untuk mendapatkan pejelasan langsung dari keduanya.

“Jika tidak. Maka saya atas nama Fraksi PDI Perjuangan akan menyurat langsung ke Wali Kota dan Wakil Wali Kota supaya mendapatkan pejelasan dari masalah ini,” pintanya.

Dia menambahkan desakan ini perlu ditindaklanjuti bukan karena adanya kepentingan segelintir orang atau kelompok. Melainkan desakan tersebut tujuannya tidak lain untuk kepentingan masyarakat dan Kota Bitung.

“Kami mendesak agar serapan anggaran dipacu. Dengan cara, program-program yang telah ditata dalam APBD harus cepat direalisasikan. Dengan begitu dampaknya pasti kelihatan dan tentunya bisa dirasakan masyarakat Bitung tanpa diskriminasi. Ditambah lagi, situasi saat ini masih ditengah pandemi. Dan APBD ini salah satu cara pemulihan ekonomi khususnya di Bitung. Jika semua ini berjalan baik maka otomatis pertumbuhan ekonomi kita juga membaik. ” pungkasnya.

(JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?