Connect with us

Kepulauan Talaud

Serentak Dimulai Pencanangan ‘Bakar-Bakar Ikan’ Oleh E2L, Antusias Warga di Tiga Desa Ini Patut Diacungi Jempol

Dimuat

pada

Proses 'bakar-bakar Ikan' sebagai wujud syukur di HUT Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud yang ke 19 Tahun di beberapa lokasi di Ibukota Kecamatan Rainis yang dimulai pada Kamis (1/7/2021) pukul 18.00 wita secara serentak. //foto: tni.

RAINIS – Hari Ulang Tahun Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud ke 19 Tahun yang jatuh pada 2 Juli 2021 tampak meriah. Hal ini terlihat dari rangkaian kegiatan bakar-bakar ikan dari warga yang dimulai Pencanangan secara resmi oleh Bupati Talaud dr Elly Engelbert Lasut, ME di Kediaman E2L di Melonguane pada pukul 18.00 wita, Kamis (1/7/2021).

Dalam tayangan langsung di akun facebooknya Bupati Talaud, E2L bersama-sama warga yang hadir di kediamannya ikut larut dalam proses bakar-bakar berbagai jenis ikan dan juga daging-dagingan. “Hari ini kita bersyukur atas rangkaian HUT pada besok hari (2 Juli-red) yang diawali pada saat ini. Semoga Talaud tetap diberkati Tuhan,” ucap Lasut.

Hal ini juga terlihat dari kesibukan warga yang ada di Kecamatan Rainis khususnya di tiga desa yang ada di Kecamatan Rainis yakni Desa Perangen, Desa Rainis dan Rainis Batupenga pada Kamis jam 6 sore.

Berdasarkan pantauan xmanadonew tampak asap membumbung tinggi dibeberapa titik lokasi diantaranya di Balai Pertemuan Umum Desa Rainis yang dilaksanakan oleh seluruh Pemerintah Desa serta perangkatnya dibawah pimpinan Kades Oktafien Tumimbang, selanjutnya tampak terlihat kebersamaan dari seluruh Jemaat Bethany Rainis dibawah komando Pdt Paris Bolosan, S.Th yang juga ikut meramaikan rangkaian Pengucapan Syukur dengan berbagai jenis daging-dagingan yang akan dibakar pada saat itu.

Tak mau kalah dari Pemdes Rainis dan Jemaat Bethany Rainis, Pemerintah Desa Rainis Batupenga pun ikut andil dalam mensukseskan rangkaian Pengucapan Syukur dengan melakoni proses bakar-bakaran berbagai macam jenis daging maupun jenis ikan.

Terlihat dari kesibukan para perangkat Desa Batupenga yang tengah berhadapan dengan asap yang mengepul serta bara api yang menyala-nyala layaknya semangat mereka pada saat itu.

Berbagai jenis ikan dan daging-dagingan tampak berbaris rapi ditungku buatan sepanjang kurang lebih tiga meter tersebut. Hasil bakaran itulah yang bakalan disantap bersama oleh seluruh Pemdes Rainis Batupenga dalam mensyukuri rangkaian HUT Daerah yang bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Rainis Batupenga.

Tak habis sampai disitu, selanjutnya awak media ini berjalan mengintari beberapa lokasi di Ibukota Kecamatan Rainis salah satu yang menarik perhatian adalah yakni di salah satu sekolah dasar yang berada tepat di dekat ikon Desa Rainis yakni Tangga 119. Instansi pendidikan tersebut adalah SDN Inpres Rainis. Tampak api mengepulkan asapnya membumbung tinggi ke angkasa, Hiruk piuk suara kebersamaan para siswa-siswi dan guru-guru bahkan keluarga tampak terdengar jelas diiringi lagu-lagu yang berasal dari pengeras suara (Speaker-red) milik mereka.

Ada yang special dalam kebersamaan para penghuni Sekolah Dasar Inpres Rainis ini karena mereka pun secara bersama-sama akan menggelar prosesi pengucapan syukur ini dengan rangkaian acara Perpisahan Kelulusan dari anak-anak Kelas 6 yang akan menuju ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP-red).

“Kegiatan bakar-bakar ini sekalian dengan syukuran perpisahan anak-anak Kelas 6. Beberapa waktu lalu tidak sempat terlaksana karena ibu Kepsek sakit, sehingga baru terlaksana saat ini,” ujar Linri Fikantri Kaesang yang merupakan tenaga pendidik di sekolah tersebut.

Sejumlah warga pun turut merasakan euforia menyambut HUT daerah dengan proses bakar-bakar ikan yang juga tampak terlihat salah satunya di Kantor Kecamatan Rainis yang pada saat itu tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk proses pembakaran ikan maupun penganan lainnya. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?