Connect with us

Kepulauan Talaud

Serius Tangani Sektor Pertanian Di Talaud Sesuai Perintah E2L-MANTAP, DKPP Siapkan Program Penyuluhan Pertanian Tahun 2022

Dimuat

pada

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kepulauan Talaud, melaksanakan penyusunan program pertanian tingkat Kabupaten yang diselenggarakan pada Rabu (21/7/2021) lalu di Kantor DKPP. //foto: am.

MELONGUANE – Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Penyuluhan Pertanian Tahun 2022, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kepulauan Talaud, melaksanakan penyusunan program pertanian tingkat Kabupaten yang diselenggarakan pada Rabu (21/7/2021) lalu di Kantor DKPP.

Mengawali pelaksanaan kegiatan, Kadis DKPP Drs Melksion Saweduling, MM, ME menekankan keseriusannya dalam memajukan pembangunan pertanian di tanah Porodisa sebagaimana perintah tugas yang diberikan oleh pimpinan daerah Bupati dr Elly Engelbert Lasut, ME dan Wabup Drs Moktar Arunde Parapaga.

Dikatakannya bahwa untuk mensukseskan pembangunan pertanian sangat diperlukan instrumen pelayanan diantaranya ialah program penyuluhan pertanian tingkat Kabupaten. “Penyusunan program penyuluhan ini sangat penting karena merupakan rencana yang disusun secara sistematis untuk memberi arah dan pedoman serta sebagai alat pengendali untuk pencapaian tujuan,” kata Saweduling.

Penyuluhan pertanian merupakan urat nadi dari pembangunan pertanian dan dalam pelaksanaan penyuluhan pertanian diperlukan adanya perencanaan dan penentuan pancapaian target sasaran yang jelas dan terukur. Perencanaan tersebut dituangkan dalam rencana programa yang merupakan langkah awal dan sangat menetukan keberhasilan pelaksanaan penyuluhan untuk kurun waktu tertentu.Pada kesempatan yang sama dirinya juga menambahkan harapannya.

“Atas nama Bupati dan Wabup (E2L-MANTAP) saya berharap agar pelaksanaan kegiatan Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian ini kiranya juga dapat menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi petani dan pertanian secara menyeluruh, sehingga kedepannya kesejahteraan petani di Kabupaten Kepulauan Talaud akan semakin meningkat,” ujarnya.

Adapun yang menjadi narasumber dalam penyusunan program ini yaitu terdiri dari KTNA Kabupaten Kepulauan Talaud, Kadis dan Sekretaris DKPP juga para Kepala Bidang dan dihadiri oleh para Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) bersama tim penyusun atau tim perumus serta Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Talaud Karunya Unsong dan Sekretaris KTNA Kresmus Lindo.

Mengingat pentingnya strategis program penyuluhan tersebut, maka kegiatan penyusunan program ini dilakukan meski di tengah situasi pandemi Covid-19. Namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat termasuk membatasi jumlah peserta serta mempersingkat waktu pelaksanaan. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?