Connect with us

Ekonomi & Bisnis

SUAK: Perusahaan Kantongi Ijin Seharusnya Bantu Penambang Tradisional

Dimuat

pada

SULUT – Perusahaan yang berada di areal pertambangan Ratatotok diminta untuk memperhatikan penambang di lingkar tambang. 
Hal ini dikatakan Valdy Suak Ketua Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang sekaligus Ketua Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia DPC Mitra. 


Menurutnya, Perusahaan yang memiliki Ijin Usaha Pertambangan sudah seharusnya membantu penambang. “Di saat penambang tradisional sedang berjuang mengurus ijin. Yang sudah berijin sebaiknya membantu penambang manual,”katanya. 


Ia mengatakan, bantuan bukan berarti dalam bentuk materi atau hal yang membebankan Perusahaan. “Banyak hal yang bisa dikatakan membantu, baik dari akses jalan dan tidak saling mengganggu,” ungkapnya.


Sebab menurut Suak, penambang manual juga bisa hidup berdampingan dengan Perusahaan. “Yang pasti tau tempat masing-masing. Jangan saling mengganggu, karena sama-sama mencari hasil alam. Sebaiknya jauhi masalah dan konflik,” akunya. 


Ia pun berharap agar sumber daya alam di Ratatotok bisa dimanfaatkan sebaik mungkin tanpa merugikan pihak manapun termasuk masyarakat di lingkar tambang. “Intinya yang tradisional juga jangan berdiam diri. Kita tetap berusaha mengurus ijin, agar legal nantinya,” tutup Suak.(Roy-keyoshi)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?