Connect with us

Minahasa

Tahap Dua, Dinkes Minahasa Siapkan Stok 1000 Vaksin CoronaVac

Dimuat

pada

MINAHASA –  Program Vaksinasi tahap pertama terhadap pelayan publik di Kabupaten Minahasa sudah selesai. Dan, untuk tahap dua Dinas Kesehatan sudah mengorder sebanyak 1000 vaksin.Hanya saja jenis vaksin yang akan digunakan sudah bukan lagi Sinovac melainkan ganti merek CoronaVac yang diproduksi  Sinovac Biotech Ltd  bekerja sama dengan PT Bio Farma.

Dari data yang dihimpun, instansi teknis tersebut telah order sebanyak 1000 dosis vaksin yang sudah ready untuk disuntikkan.

Menurut  Kadis Kesehatan dr Maya Rambitan kepada xmanadonew.co.id, Senin (15/3/2021)  ketika diwawancarai menjelaskan  kedua Vaksin ini namanya berbeda.  Yang satu Sinovac dan satunya lagi CoronaVac, tapi fungsi dan manfaatnya sama karena kedua vaksin tersebut fungsunya untuk mengatasi pandemi virus corona.

“Membedakan kedua Vaksin ini, dapat dilihat dari Vial atau botol kecil tempat penyimpanan cairan obat (vaksin). Kalau Sinovac 1 botol hanya dapat dipakai 1 orang, sedangkan CoronaVac 1 Vial dapat digunakan oleh 10 orang,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Rambitan, Vaksin Sinovac tahap pertama sudah diberikan atau disuntik kepada pelayan publik di Minahasa. Sedangkan vaksin tahap kedua sudah tak lagi menggunakan Sinovac, melainkan CoronaVac dan vaksin ini sudah tersedia dan telah digunakan sejak minggu lalu.

“Vaksin CoronaVac telah diambil di Dinas Kesehatan Provinsi sebanyak 880 vial dari 1000 vial yang disiapkan. Dan Vaksin yang terpakai atau telah disuntik kepada pelayan publik beberapa hari lalu hanya 100 vial, dan sisanya akan disalurkan sesuai kebutuhan,”ungkapnya.

Jika stok Vaksin CoronaVac habis, menurut dr Maya, Pemkab Minahasa bisa bermohon penambahan Vaksin ke Dinas Kesehatan Provinsi.

“Permohonan penambahan Vaksin CoronaVac bisa dilakukan, asalkan disertakan dengan data yang jelas,”kata Rambitan.

Ditambahkannya, Vaksin ini memang perlu disalurkan kepada pelayan publik di jajaran Pemkab Minahasa, serta pedagang pasar dan hamba-hamba Tuhan. Ini dimaksud, karena aktivitas mereka sering berinteraksi dengan banyak orang.

“Untuk itu, penyuntikan vaksin ke-tubuh manusia sangatlah penting karena mampu mendorong dan menciptakan antibodi tubuh, sehingga dapat melawan serangan virus corona,”pungkasnya.    (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?