Connect with us

Kepulauan Talaud

Tanam Jagung, Ubi Dan Singkong, Siaga Pangan Ala Kodim 1312/Talaud

Dimuat

pada

Buka lahan tidur, Kodim 1312/Talaud tanam makanan tradisional

MELONGUANE — Dandim 1312/Talaud Letkol Czi Irawan Gupta rochman N.S.T., M.M., bersama prajurit Kodim 1312/Talaud ramai-ramai tanam umbi-umbian untuk antisipasi terjadinya krisis pangan akibat virus corona (Covid-19), memanfaatkan lahan tidur milik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud di lokasi perkantoran pemerintah daerah setempat.

Dandim Letkol Czi Irawan Gupta rochman mengatakan, saat ini Kodim 1312/Talaud giat menggalakan budidaya tanaman pangan lokal seperti ubi kayu, talas, jagung, padi sawah dan padi ladang serta sayur-sayuran, sebagai upaya antisipasi dampak ekonomi, khususnya ketahanan pangan di wilayah Kepulauan Talaud, apabila wabah Covid-19 berlangsung lama dan terjadi lockdown.

“Gerakan ini sudah kami instruksikan ke semua jajaran Koramil untuk dilaksanakan. Semua Koramil wajib membuka lahan perkebunan bersama warga masyarakat di desa-desa binaan yang dipelopori oleh para Babinsa di wilayah desa binaan masing-masing,” ujar Dandim disela-sela penanaman ubi kayu.

Terkait gerakan menanam tanaman pangan lokal ini, berdasarkan pantauan Media ini jajaran Koramil di Kodim 1312/Talaud mulai membuka lahan pertanian bersama warga, sejak pekan lalu.

Seperti dilakukan jajaran Koramil 08/Melonguane yang membuka lahan pertanian di Desa Ambela dan Desa Mala, jajaran Koramil Miangas yang juga giat membuka lahan pertanian Desa Miangas serta jajaran Koramil Lirung.

Sementara itu, sehubungan pencegahan penyebaran Covid-19, Kodim 1312/Talaud melalui jajarannya, terlihat terus aktif dalam semua kegiatan pencegahan.

Mereka terus melakukan penyemprotan disinfektan hingga ke rumah-rumah warga di berbagai desa, melakukan sterilisasi di pintu-pintu masuk seperti pelabuhan dan bandara serta giat-giat pencegahan lainnya.

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?