Connect with us

Bitung

Target PBB-P2 Masih “Jongkok”, Tiga Kecamatan ini Harus Kerja Ekstra

Dimuat

pada

Oktav Kandoli

BITUNG—Untuk memenuhi target Pajak Bumi dan Bangunan dan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang terbilang masih sangat minim, sejumlah kecamatan dan kelurahan di Kota Bitung harus lebih kerja ekstra untuk mencapainya.

Terinformasi, dari hasil evaluasi per tanggal 18 Mei, seharusnya target PBB-P2 sebesar Rp14.1 miliar capaiannya baru berkisar di 11.26% atau baru sebesar Rp1.9 miliar.

Pasalnya, dari delapan kecamatan yang ada. Tiga kecamatan capaian PBB-P2 masih sangat “Jongkok” alias memprihatinkan karena masih jauh dari yang ditargetkan.

Tiga kecamatan itu yakni, Kecamatan Girian, Kecamatan Ranowulu dan Kecamatan Lembeh Selatan.

Untuk Kecamatan Girian capaian PBB-P2 baru 1.22% dari target sebesar Rp821 juta. Kecamatan Ranowulu baru 1.41% dari target Rp731 juta dan Kecamatan Lembeh Selatan baru 3.43% dari target Rp322 juta.

Minimnya capaian PBB-P2 tiga kecamatan itu tidak lepas dari realisasi PBB-P2 di tiap kelurahan yang sampai tanggal 18 Mei masih nol atau kosong.

Di Kecamatan Girian, ada lima kelurahan yang masih kosong yakni Kelurahan Girian Weru Satu, Kelurahan Girian Weru Dua, Kelurahan Girian Indah, Kelurahan Girian Bawah dan Kelurahan Wangurer.

Kelurahan Ranowulu ada delapan kelurahan yang masih nol yakni Kelurahan Apela I, Kelurahan Karondoran, Kelurahan Batuputih Bawah, Kelurahan Batuputih Atas, Kelurahan Apela Dua, Kelurahan Kumersot dan Kelurahan Pinasungkulan.

Sedangkan di Kecamatan Lembeh Selatan ada tiga kelurahan yakni Kelurahan Kelapa Dua, Kelurahan Batu Lubang dan Kelurahan Pancuran.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemkot Bitung, Oktav Kandoli kepada awak media, tak menampik jika target PBB-P2 sampai saat ini masih jauh dari yang ditargetkan. Akan tetapi kata dia, masih terlalu dini untuk menyimpulkan capaian PBB-P2  memprihatinkan.

“Karena proses penagihan masih sementara dilakukan di tiap kecamatan dan kelurahan. Biasanya di bulan ini (Juni, red) baru mulai terisi target-target PBB-P2 yang masih kosong. Dan itu sementara berproses lewat penagihan yang dilakukan tiap kecamatan serta kelurahan,” beber Oktav, Selasa (08/06/2021).

Dia bahkan, sangat optimis target PBB-P2 tahun ini akan tercapai seperti target-target PAD lainnya yang setiap hari terus bergerak naik angka pencapaiannya.

“Untuk Bapenda saja, dari 11 item PAD yang dikelola per 03 Juni capaiannya sudah 30.32% atau Rp16.6 miliar dari target Rp55 miliar dan itu terus kami pacu,” pungkasnya.

(*/JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?