Connect with us

Kepulauan Sangihe

Tidak Ditunjang Dengan Sarana dan Prasarana, E-TLE, di Sangihe Belum di Berlakukan

Dimuat

pada

IPTU Duwi Galih Prasetiawan SIK. Kasat Lantas Polres Sangihe

Peliput : Fitri Lumiu

TAHUNA
Setelah resmi diberlakukan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE), atau lebih dikenal dengan tilang elektronik telah diberlakukan dibeberapa daerah di Indonesia.

Di Sangihe sendiri sitem ini belum bisa digunakan disebabkan dengan tidak mendukungnya sarana dan prasarana serta beberap kendala lainya.

Kasat Lantas Polres Sangihe IPTU Duwi Galih Prasetiawan SIK, kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (08/03/2021), mengatakan bahwa untuk Kabupaten Sangihe sama seperti daerah lain di Sulut tidak bisa menerapkan sistem Etle karena terkendala dengan beberapa hal.

“Peralatan kami belum ada. Sistem Etle untuk wilayah Polda Sulut hanya berlaku di wilayah kota Manado karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai,”ungkap Kasat Lantas.

Selian masalah sarana dan prasaran masalah jaringan juga menjadi kendala serta serinya terjadi pemadaman listrik. Untuk itu dikatakanya sesuai dengan petunjuk dari pimpinan di Sangihe masih menggunakan tilang konfensional.

“Dilapangan masi menggunakan tilang konfensional, dan untuk menghindari kontak langsung dengan petugas serta penyalah gunaan wewenang oleh oknum petugas maka setelah penindakan penilangan akan diberikan kode BRIVA, Yang dimaksud dengan kode BRIVA adalah no pembayaran tilang. Pelanggar akan mendapat kode tersebut setelah penindakan tilang oleh polisi dan akan dikirim lewat SMS kepada nomor handphone pelanggar.

Sementara itu terkait dengan operasi dilapangan tidak dibenarkan melaksanakan operasi secara stasioner.

“Jadi kami menggunakan sistim hanting dengan sasaran pelanggaran yang berpotensi lakalantas seperti tidak menggunakan tutup kepala atau helem, lawan arus dan kenalpot resing. Saat ini kami fokus di penggunaan tutup kepala dan kenalpot racing,”pungkas.(*).

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?