Connect with us

Kepulauan Talaud

Tim SFQR Lanal Melonguane Amankan Kapal Pesiar Yang Berlindung di Teluk Rainis

Dimuat

pada

Kapal Pesiar berbendera Denmark yang berlindung di Teluk Rainis akibat cuaca buruk, Senin (31/6/2021). //foto: istimewa.

MELONGUANE – Tim SFQR Lanal Melonguane yang terdiri dari Tim Laut, Tim Darat dan Anggota Posal Talaud mengamankan Yacht (Kapal Pesiar-red) berbendera Denmark yang menurunkan jangkarnya di perairan Teluk Rainis, Senin (31/5/2021) malam.

Bermula dari informasi Kapal Sabuk Nusantara 70 yang sedang berlayar di perairan Talaud melihat secara visual sebuah kapal Yacht sedang berlayar di perairan Talaud, karena kondisi gelap kru Kapal Sabuk Nusantara 70 tidak bisa melihat dengan jelas bendera di kapal tersebut dan kemudian memberikan informasi kepada jajaran TNI Angkatan Laut.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Danlanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto, ST, M.Tr.Hanla kemudian melaksanakan pemantauan seluruh pergerakan kapal yang berlayar di sekitar perairan Talaud melalui aplikasi Automatic Identification System (AIS) yang dimiliki oleh Lanal Melonguane yang berkoordinasi dengan pihak Basarnas Manado untuk menanyakan apakah dapat menangkap distress signal atau signal marabahaya dari kapal-kapal yang berlayar di sekitaran perairan Talaud, serta memerintahkan perwira stafnya untuk merencanakan kegiatan penindakan dengan mengerahkan Tim SFQR Lanal Melonguane.

Setelah melakukan penyelidikan dan diperoleh informasi bahwa benar di teluk Rainis terdapat Kapal Yacht berbendera asing, maka Danlanal Melonguane memerintahkan Tim SFQR dengan menggunakan Searider untuk meluncur ke lokasi.

Tim SFQR yang turun ke lokasi juga diperkuat dengan personel kesehatan yang terdiri dari satu orang dokter dan satu tenaga kesehatan yang dilengkapi dengan APD dan peralatan Rapid Test Antigen untuk melakukan pemeriksaan kesehatan Covid-19 bagi kedua ABK kapal yang merupakan warga negara asing.

Tidak adanya laporan deviasi atau pun distress signal serta tidak dinyalakannya AIS selama kapal asal Denmark tersebut berlayar di perairan Indonesia, menjadikan pihak Lanal Melonguane merespon cepat kejadian tersebut dan menurunkan Tim SFQR untuk melaksanakan penindakan dan pengamanan.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan berupa Rapid Test Antigen dan diperoleh hasil negatif serta pemeriksaan kondisi kapal, muatan, dokumen serta ABK, kapal Yacht beserta dua ABK berkewarganegaraan asing tersebut kemudian dikawal menuju perairan depan Dermaga Melonguane. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?