Connect with us

Kepulauan Talaud

Tingkatkan Integrasi Ekonomi di Talaud, E2L Harap Percepatan Pembangunan PSPN Berwawasan Lingkungan Bisa Terealisasi

Dimuat

pada

Bupati E2L saat menghadiri kegiatan yang digelar oleh Badan Perbatasan Kabupaten Talaud Rabu (26/8/2021) di Aula Bapelitbang. //foto: istimewa.

MELONGUANE – Dalam rangka meningkatkan integrasi ekonomi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Bupati E2L berharap agar percepatan pembangunan Pusat Strategis Pembangunan Nasional (PSPN) berwawasan lingkungan bisa terealisasi di Tanah Porodisa.

Hal ini diungkapkannya saat dirinya menghadiri kegiatan yang digelar oleh Badan Perbatasan Kabupaten Talaud Rabu (26/8/2021) di Aula Bapelitbang.

Bupati Elly Lasut mengatakan bahwa integrasi yang dimaksud adalah secara ekonominya. Kota Melonguane adalah Ibukota yang baru saja dibangun. Sehingga banyak infrastruktur yang harus dibangun di Kota Melonguane ini. Antara lain yang sangat penting adalah irigasi atau drainase terintegrasi.

“Drainase terintegrasi di perkotaan ini akan menjadi dasar dari pembangunan Pusat Strategis Pembangunan Nasional atau Lokpri sehingga akan berwawasan lingkungan. Tentunya pembangunan yang berwawasan lingkungan ini harus di atur dengan sistim drainase yang baik. Sehingga kemudian pembangunan kita akan betul-betul berwawasan lingkungan dan tepat pada sasaran,” ucap Lasut.

Pembangunan pasar dan pembangunan pusat-pusat peningkatan ekonomi seperti Perbankan Nasional seperti kita ketahui baru BRI. Kita berharap Mandiri dan BNI bisa dibangun disini. Demikian juga sebagai pusat daerah perbatasan dan pulau terluar, kita tentunya akan melakukan aktifitas lintas batas termasuk perdagangan-perdagangan antar negara dalam hal ini Filipina dan Indonesia di Kabupaten Talaud.

Sehingga kita sangat membutuhkan dibangunnya pusat-pusat pengelolaan perbatasan antara lain Bea Cukai, Balai Karantina dan pengawasan-pengawasan perikanan. Ini sebetulnya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan gairah ekonomi masyarakat yang dibangun dari instansi-instansi yang regulasinya diatur dalam perdagangan antar negara.

“Sehingga jika ingin mendorong pembangunan ekonomi di Kabupaten Talaud ini maka instansi-instansi tersebut harus ada. Sebagai contoh di Kabupaten Talaud ini ada support sistem perikanan yang luar biasa,” tutupnya. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?