Connect with us

Bitung

Tolak Ekpansi PT MSM/TTN, Aktivis IMM Bitung Soroti Pemkot Bitung Jangan Jadi “BABU” Perusahaan

Dimuat

pada

Mohammad Nabil Bosa

BITUNG–Ketua Bidang Hikma dan Advokasi Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Bitung, Mohammad Nabil Baso, mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bitung agar menolak ekpansi wilayah eksplorasi pertambangan emas PT MSM/TTN.

Aktivis muda Kota Bitung ini juga meminta, Pemkot dan DPRD tidak membiarkan ekpansi itu dilakukan. Karena menurutnya, jangan sampai hanya karena kepentingan perusahaan. Kemudian kata dia, berdampak negarif baik sosial, budaya dan lingkungan.

“Jangan ada lagi dalil kesejahteraan dan pembangunan. Jika Pemkot dan DPRD Bitung meloloskan ekspansi pertambangan emas PT MSM/TTN, itu artinya mereka ikut serta merusak lingkungan dan memberikan ruang bencana ekologi,” tegas Nabil saat bersua dengan awak media, Rabu (10/11/2021).

Selain itu, Nabil mengkritisi soal transparansi antara Pemkot Bitung dan pihak perusahaan yang dinilai tertutup soal langkah atau pun kajian-kajian yang dilakukan selama ini ke publik.

Nabil tegas menyoroti jika masyarakat Kota Bitung saat ini membutuhkan transparansi soal masalah tersebut. Keterbukaan informasi kata Nabil, dipandang perlu agar masyarakat bisa lebih leluasa mengakses dan mengetahui terkait ekspansi pihak PT MSM/TTN.

“Jangan sampai memunculkan stigma kalau Pemkot Bitung hanya menjadi “babu” atau pelayan perusahaan tambang ini. Semua wajib dibuka di publik. Jangan biarkan masyarakat yang akan menerima dampaknya nanti,” tegasnya.

Informasi diperoleh, terkait dengan rencana ekspansi perusahaan ini. Kelurahan Pinasungkulan pun harus dikorbankan demi untuk memuluskan kepentingan PT MSM/TTN.

Pasalnya, rencana relokasi Kelurahan Pinasungkulan ini telah mencuatt sejak tahun 2016 silam. Dimana pihak perusahaan akan melakukan ekpansi dengan luasan lahan 500 hektar dari total 2.500an hektar.

“Sebagiannya sudah di kuasai (diperjualbelikan, red) oleh PT MSM/TTN. Didalamnya memiliki kandungan logam emas yang berlimpa dengan kualitas ‘high great,”beber sumber terpercaya media ini.

Terpisah, dikonfirmasi sejumlah wartawan melalui pesan elektronik, Ketua Tim rencana Relokasi Kelurahan Pinasungkulan, Audy Pangemanan mengatakan soal rencana relokasi serta langkag apa yang akan diambil masih sementara dilakukan.

“Masih sementara di sosialisasikan dan dibahas tim” singkatnya.

Namun, berbeda yang disampaikan, Anggota Komisi I DPRD Bitung, Youndris Kansil. Menurutnya ketika akan melakukan pembentukan Tim percepatan terkait dengan relokasi Kelurahan harusnya dikonfirmasi ke lembaga DPRD.

Dia pun bahkan kaget saat mendengar masalah ekspansi PT MSM/TTN tersebut. Karena pihaknya tidak pernah dilibatkan atau pun diberitahu soal masalah ini.

“Pindah dari mana dan mau kemana, saya belum tau pasti. Harusnya kami diberitahu terkait pembentukan tim atau apalah itu. Apalagi ini sudah menyangkut masyarakat Kota Bitung. Dan harus diketahui DPRD ada lembaga resmi. Lembaga untuk memperjuangkan aspirasi rakyat. Pun, kami komisi I DPRD Bitung membidangi pemerintah. Jadi wajarlah kami wajib tahu soal masalah ini,” katanya, sembari mengatakan jika pihaknya masih menunggu informasi dari Pemkot Bitung.

(JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?