Connect with us

Kepulauan Talaud

TP PKK Kecamatan Rainis Lakukan Penilaian Fisik Lomba Hatinya PKK di Desa Rainis

Dimuat

pada

Foto bersama di depan Kantor Desa Rainis usai pelaksanaan penilaian fisik Lomba Hatinya PKK, Senin (05/04/2021). //foto: tni

RAINIS – Tim Penggerak PKK Kecamatan Rainis melaksanakan Penilaian fisik di Desa Rainis pada Senin (05/04/2021). Hal ini dilakukan dalam rangka Lomba Hatinya PKK yang juga merupakan salah satu Program TP-PKK Kabupaten Kepulauan Talaud di tahun 2021.

Lomba yang diikuti oleh seluruh desa yang ada di Kecamatan Rainis ini, telah memasuki pada tahap akhir yakni penilaian fisik yang meliputi semua hal tentang Hatinya PKK yaitu Tanaman Hias, Tanaman Bumbu Dapur dan Tanaman Obat-obatan.

Penilaian yang dimulai pada pukul 09.00 wita ini dimulai dari Dusun 3 yang berlokasi di Baas, yang selanjutnya Tim Penilai yang terdiri dari dua orang menuju ke Dusun 1 dan Dusun 2.

Wakil Ketua TP PKK Kecamatan Elvi S Leleran, S.Kep, Ns dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa untuk Desa Rainis sudah melewati proses Penilaian Administrasi. “Sekarang tinggal penilaian fisik yang artinya yang dinilai adalah Hatinya PKK yang meliputi keindahan, kerapihan kemudian inovasi-inovasi apa yang ada di Desa Rainis serta pemanfaatan pekarangan,” ucap Wakil Ketua TP PKK Kecamatan Rainis.

Adapun dalam setiap penilaian baik di beberapa desa yang telah dinilai memang didapati masih ada hal yang perlu dibenahi. “Memang dari setiap panitia yang melaksanakan penilaian tentunya menemukan hal-hal yang perlu di benahi dan untuk Desa Rainis juga masih perlu membenahi pekarangan yang masih kosong diantaranya yang ada di tanah-tanah kosong atau dirumah-rumah yang anggota dasawisma yang belum memanfaatkan pekarangan. Hal ini harus lebih dioptimalkan supaya terjadi kebersamaan dalam pelaksanaan kegiatan ini,” tukasnya.

Sambungnya lagi bahwa harapan kami (TP PKK Kecamatan-red) bahwa dalam situasi Pandemi Covid-19 ini para ibu-ibu PKK dapat memanfaatkan waktu luang untuk mengolah lahan pekarangan/halaman rumah demi meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya ekonomi rumah tangga.

“Harapan kami juga yang kedua bahwa selesai lomba ini, semangat dari ibu-ibu PKK tidak luntur tetapi dapat ditingkatkan dan tanaman yang sudah ada ini tetap dipelihara, dijaga dan dirawat agar suasana desa tetap indah dan bersih serta menarik untuk dilihat. Dan paling utama juga adalah tanaman-tanaman ini menjadi sumber pangan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kami pun berharap bahwa selesai dari penilaian di tingkat Kecamatan tentunya Desa Rainis bisa diorbitkan ke tingkat Kabupaten karena memiliki nilai tambah yakni keindahan Tangga 119 yang merupakan icon Desa Rainis yang sudah ada sejak dahulu,” ungkap Leleran.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Tim Penggerak PKK Desa Rainis Ny Sapoh-Winowoda juga turut menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berusaha untuk memberikan yang terbaik.

“Dari segala kekurangan, kami mohon maaf dan dari kekurangan itulah akan jadi pembelajaran kedepan untuk menjadi batu loncatan bagi kami untuk lebih baik kedepan. Walaupun dalam persiapan dengan waktu yang cukup singkat, namun inilah usaha kerja keras kami yang juga didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Desa Rainis bersama perangkatnya,” jelasnya.

Kegiatan Penilaian ini dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Rainis Dekroly Adilang, SP, Anggota TP PKK Tingkat Kecamatan yang juga merupakan Ketua BPD Desa Rainis Batupenga Ny M Maatiri, S.Pdk, Sekdes Rainis Meilan N Tamawiwi, Ketua BPD Desa Rainis R R Senaen, Sekretaris TP PKK Desa Rainis Ny E Gorean-Alotia, Bendahara TP PKK Desa Rainis serta para Ketua/Anggota Pokja dan Dasawisma bahkan para Perangkat Desa Rainis. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?