Connect with us

Minahasa

Wakili Bupati, Kadis Tumundo Buka Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Tahap II

Dimuat

pada

Kadis Kominfo Agustifo Tumundo, SE, MSi mewakili Bupati Minahasa saat membuka kegiatan penyusunan Masterplan Smart City tahap II di Benteng Moraya.

MINAHASA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Masterplan Smart City Tahap II yang berlangsung di Monumen Benteng Moraya, Senin (13/9/2021) siang.

Kegiatan diawali dengan Laporan Kepala Bidang E-Government Dinas Komiinfo Minahasa Gogen Ngantung SE, dilanjutkan dengan sambutan mewakili Dirjen Aptika Kementrian Kominfo RI Febrina Theresia Siahaan dan sambutan Bupati Minahasa yang diwakili oleh Kepala Dinas Komiinfo Minahasa Agustivo Tumundo, SE, MSi.

Dikatakan Kadis Kominfo Tumundo, Bimtek Masterplan penyusunan Smart City atau kota cerdas tahap II dari IV tahap yang dijadwalkan  adalah konsep pembangunan pemerintah daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi sehingga setiap program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah akan bermanfaat langsung kepada masyarakat, dan masyarakat merasakan aman, nyaman, mudah, sehat, makmur.

“Pada akhirnya dari penyusunan Masterplan Smart City ini akan meningkatkan kinerja pemerintah daerah dan meningkatkan partisipasi masyarakat, kareba setiap aspek kehidupan kita sudah didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi yang membuat kehidupan kita lebih baik lagi.Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, saya Bupati Minahasa bersama bapak Dr Robby Dondokambey, S.Si selaku Wakil Bupati Minahasa, menyambut baik kegiatan Ini dan atas nama Pemkab Minahasa, saya Bupati Minahasa bersama bapak Dr Robby Dondokambey, S.Si selaku Wakil Bupati Minahasa, menyambut baik kegiatan Ini,”ujarnya.

Lanjut dikatakan Tumundo, dalam rangka pelaksanaan Smart City di daerah (Smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart environment, dan smart society) perlu disusun rencana aksi meliputi perencanaan terkait dengan kebijakan-kebijakan, tencana aksi terkait pemenuhan infrastruktur fisik, digital, teknologi dan sosial. Kemudian penyiapan aplikasi yang mendukung proses bisnis, baik yang sudah disiapkan dari pusat maupun aplikasi khusus di daerah dengan konsep yang tidak berdiri sendiri termasuk datanya yang harus berbagi pakai, dan terakhir rencana aksi penyiapan program-program untuk mendukung literasi masyarakat khususnya literasi digital.

“Harapan kami seluruh peserta dari utusan OPD dan Kecamatan se-Minahada dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya, kiranya melalui kegiatan ini dapat mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera,”harapnya.

“Pada kesempatan ini, sekali lagi ijinkan saya atas nama pemerintah kabupaten minahasa, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI yang telah mendukung kami melalui program Gerakan Menuju Smart City, terima kasih juga kepada para pembimbing dan tenaga ahli yang sampai dengan saat ini, telah membantu kami dalam rangka penyusunan master plan Smart City,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan penyusunan Smart City tahap II Sekretaris Dinas Kominfo Anneke Rantung SE, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Reky Taniowas SE, Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi Sepdy Tumengkol ST dan Kepala Bidang Statistik dan Persandian Buslar Sanger SE.    (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?