Connect with us

Minahasa

Wakili Bupati ROR, Sekda Muntu Ikuti FGD Smart City Kawasan Likupang

Dimuat

pada

MINAHASA – Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) diwakili Sekretaris Daerah Minahasa Frits Robert Muntu, S.Sos mengikuti Focus Group Disscusion (FGD) Masterplan Smart City Kawasan Ekonomi Likupang yang digelar Kementerian Kominfo dengan melibatkan jajaran Pemkab Minahasa dan Pemkab Minahasa Utara, Jumat (12/11/2021) di Hotel Four Point Manado siang tadi.

Mengawali kegiatan ini dilakukan Penandatanganan Komitmen, dari Pemkab Minahasa bersama Pemkab Minahasa Utara yang berkomitmen saling berkolaborasi dan melakukan inovasi untuk mewujudkan Kawasan Likupang Cerdas.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa ROR yang disampaikan Sekda Frits Muntu menyampaikan dukungan atas pelaksanaan FGD Smart City Kawasan Likupang ini.

“Atas nama Pemkab Minahasa, Bupati Dr Ir Royke Octavian Roring MSi bersama Wakil Bupati Dr Robby Dondokambey SSi MM menyambut baik kegiatan ini, karena Kabupaten Minahasa terpilih menjadi salah satu dari 48 Kabupaten dan Kota di Indonesia, dalam program gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2021,” katanya,

Lanjut menurut Sekda, sebelumnya Pemkab Minahasa bersama Kementerian Kominfo RI telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Masterplan Smart City sebanyak empat tahap.

“Kegiatan tersebut, dilanjutkan juga dengan penandatanganan komitmen dari semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku dewan Smart City Kabupaten Minahasa,”ungkap Muntu.

Diuraikannya, Smart City ini bukan lagi pilihan tetapi wajib dilaksanakan, karena pembangunan setiap daerah harus menggunakan konsep Smart City berdasarkan 6 Pilar, yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, dan Smart Environment, sehingga diharapkan setiap program pemerintah harus bermanfaat langsung kepada masyarakat.

“Saya menekankan kesuksesan gerakan menuju Smart City sangat bergantung pada kolaborasi dan sinergi yang dilakukan antara pemerintah pusat maupun daerah, tentang inovasi dari Pemerintah Minahasa dan Minahasa Utara dalam mendukung Kawasan Ekonomi Khusus Likupang dan Kawasan Pariwisata prioritas Nasional,”jelasnya.

Disamping itu, Sekda Muntu juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih buat Kementerian Kominfo RI yang sudah memfasilitasi kegiatan, serta kepada pembimbing dan tenaga ahli yang sudah mendampingi Kabupaten Minahasa dalam penyusunan Masterplan Smart City.

“Harapan kami melalui kegiatan FGD ini, akan muncul ide ide kreatif dan inovatif dari para peserta. Kiranya melalui kegiatan tersebut, akan terjalin kolaborasi antara pemerintah Kabupaten Minahasa dan Minahasa Utara dengan Prinsip Nonrivalry” tutup Sekda.

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini, ditutup oleh Assisten II Sekda Minahasa Ir Wenny Talumewo MSi pada sore harinya.

Di sela-sela penutupan kegiatan, Kadis Kominfo Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi didampingi Kabid E-Government Gogen Ngantung SE mengucapkan terima kasih dan apresiasi bagi para Kepala OPD dan Camat yang telah hadir langsung dan memberikan masukan yang baik dalam FGD tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Tenaga Ahli Smart City sebagai Nara Sumber masing-masing Andrari Grahitandaru MSc, Ir Tonny Hanif MSc, Ali Rozikin MSc, Putu Ananda Saskita SIP dan Auditor Kementerian Kominfo RI Yohanes Rico Ananda Putera dan Kabid E-Government Diskominfo Provinsi Sulut John F Rembet SH MSi.

Sementara dari Pemkab Minahasa, disamping Sekda Frits Robert Muntu tampak pula Asisten II Sekda Ir Wenny Talumewo MSi, Kepala Dinas Kominfo Agustifo Tumundo SE MSi, Kaban BKPSDM Drs Moudy Pangerapan MAP, Kadispora Djeffry Sajow SH, Kadis Budpar Drs Teddy Sumual, Kadis Koperasi UKM Maudy Lontaan SSos, Kadis PUPR Teddy Lumintang ST, Sekretaris DPRD Drs Dolfie Kuron MBA, para Camat dan jajaran Kepala OPD lainnya. Sedangkan dari Pemkab Minahasa Utara tampak Asisten II Sekda Minut Drs Allan Mingkid, Insperktur Umbase Mayuntu SSos, Kadis Kominfo Drs Theo Lumingkewas serta pejabat lainnya. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?