Connect with us

Bitung

Warga Girian Atas Tolak Pemakaman Jenazah Covid-19, Kapolsek dan Camat Lakukan Pendekatan Persuasif

Dimuat

pada

Kapolsek Maesa, Kompol Andri Permana dan Camat Girian, Muslih Antameng saat meninjau langsung lokasi pemakaman jenazah yang mendapatkan penolakan warga Girian Atas, Senin (12/07/2021)

BITUNG—Merebaknya wabah virus Covid-19 membuat rasa takut dan kekhawatiran bagi warga Kota Bitung.

Kali ini ketakutan itu ditunjukan sejumlah warga Kelurahan Girian Atas lewat penolakan pemakaman jenazah yang diduga terkonfirmasi postif covid-19.

Jenazah tersebut merupakan salah satu warga Girian Bawah berinisial JI (78), yang sebelumnya sempat dirawat di RS Sentra Medika Kabupaten Minahasa.

Informasi diperoleh, penolakan itu terjadi pada, Senin (12/07/2021), sesaat setelah mendengar jenazah tersebut akan dimakamkan dilokasi pekuburan Girian Atas.

Sontak hal itu membuat sejumlah warga Girian Atas beramai-ramai mendatangi lokasi pekuburan dan menyatakan menolak dengan tegas jika jenzah tersebut dimakamkan di tempat itu.

Kapolsek Matuari, Kompol Andri Permana SIK mendengar hal tersebut langsung bergegas menuju lokasi pekuburan yang mendapatkan penolakan itu.

Kapolsek bersama Camat Girian, Muslih Antameng kemudian melakukan komunikasi dan bermusyawarah dengan keluraga jenazah. Sembari menjelaskan serta memberikan pengertian kepada keluarga terkait alasan penolakan dan aturan pemakaman jenazah yang terpapar covid-19.  

Pun, dengan pendekatan persuasif yang dilakukan Kapolsek dan Camat itu. Keluarga jenazah pun akhirnya mengerti dan menyetujui pemakaman dipindahkan ke Pekuburan Waleleng Kelurahan Pinokalan, Kecamatan Ranowulu.

“Alasan warga menolak pemakaman itu karena berdasarkan himbauan pemerintah bahwa pemakaman jenazah terkonfirmasi Covid-19 harus memenuhi kriteria yakni, 500 meter dari pemukiman warga, dan berjarak 50 meter dari mata air. Sementara lokasi pekuburan Girian Atas itu hanya berkisar 150 meter dari pemukiman warga. Makanya mendapat penolakan,” ujar Kapolsek.

Meski begitu lanjut Kapolsek, semua rangkaian kegiatan berlangsung lancar, aman serta berjalan kondusif dan terkendali.

(JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?